Trike

Ultralight trike

Trike ultralight adalah jenis gandar gantung bertenaga di mana kontrol penerbangan dilakukan dengan pergantian berat. Pesawat ini memiliki sayap fleksibel kain yang ditunda pod pesawat roda tiga didorong oleh baling-baling pusher. Pod ini mengakomodasi pilot solo, atau pilot dan penumpang tunggal. Trikes memberikan penerbangan yang terjangkau, mudah diakses dan menarik, dan telah populer sejak tahun 1980-an.

Sepeda roda dua disebut sebagai “microlights” di Eropa. Pesawat semacam itu juga dikenal sebagai microlights 2 sumbu, velg sayap fleksibel, pesawat kontrol pengalihan berat, sepeda roda tiga, deltatrikes¬† atau deltaplan bermotor,

Sejarah

Sejarah sepeda roda tiga ditelusuri kembali ke penemuan sayap fleksibel Francis Rogallo dan pengembangan selanjutnya oleh inovasi tim rekayasa Paresev dan yang lainnya. Pada tahun 1948, insinyur Francis Rogallo menemukan sayap self-inflating yang dipatenkan pada 20 Maret 1951, sebagai sayap Fleksibel. Itu terjadi pada tanggal 4 Oktober 1957, ketika satelit Rusia Sputnik mengejutkan Amerika Serikat dan perlombaan antariksa menangkap imajinasi pemerintahnya, yang menyebabkan peningkatan besar dalam pengeluaran pemerintah AS untuk penelitian ilmiah, pendidikan, dan pada penciptaan langsung NASA. Rogallo berada dalam posisi untuk merebut peluang dan melepaskan hak patennya kepada pemerintah dan dengan bantuannya di terowongan angin, NASA memulai serangkaian eksperimen yang menguji sayap Rogallo – yang diberi nama Para Wing – untuk mengevaluasinya sebagai sistem pemulihan untuk kapsul ruang Gemini dan pemulihan tahapan roket Saturnus yang digunakan. F. Tim Rogallo menyesuaikan dan memperluas prinsip yang sepenuhnya fleksibel ke dalam varian semi-kaku. Ini terutama melibatkan stabilisasi tepi terdepan dengan balok udara terkompresi atau struktur kaku seperti tabung aluminium. Pada tahun 1960, NASA telah membuat uji coba pesawat kargo bertenaga besar yang dijuluki Ryan XV-8 atau Fleep (kependekan dari ‘Flying Jeep’) dan pada Maret 1962, dari seorang peluncur eksperimental penurun berat badan yang disebut Paresev. Pada 1967, semua proyek Para Wing dijatuhkan oleh NASA untuk menggunakan parasut bulat tanpa secara resmi mempertimbangkan pengembangan glider ultralight pribadi, tetapi kesederhanaan desain dan kemudahan konstruksi airfoil, bersama dengan kemampuan penerbangan lambat dan karakteristik pendaratan yang lembut, tidak luput dari perhatian para penggemar glider. Tantangannya kemudian, adalah untuk memodifikasi dan menyesuaikan sayap fleksibel Rogallo dengan bingkai yang sesuai untuk memungkinkannya digunakan sebagai gantole gantung.